Tuesday, 21 May 2019

Pertanyaan Anda (FAQ)

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

1. Question (Q) : Apa itu “Coklit”dalam proses Pemilu 2019?
Answer (A) : Coklit adalah sebuah tahapan dalam pelaksanaan Pemilu 2019. Coklit berarti proses Pencocokan dan Penelitian yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) atau disebut juga Pantarlih.

 

2. Q : Bagaimana proses Coklit itu dilaksanakan?
A : Proses coklit bisa dilakukan dengan Tatap Muka, dimana Pantarlih akan menemui Pemilih kemudian mencocokan data yang ada. Atau dapat juga dilakukan dengan Non Tatap Muka, dimana Pantarlih menghubungi Pemilih melalui Telepon, SMS, email atau media sosial untuk memutakhirkan data Pemilih.

 

3. Q : Mengapa Proses Coklit berbeda dengan proses dalam Pemilu sebelumnya, dimana Pemilih diminta mendaftar sebagai Pemilih melalui Pantarlih?
A : Proses Coklit dilakukan merujuk kepada Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu Luar Negeri (DP4LN) yang diberikan oleh KPU Pusat dan masukan dari Kementerian Luar Negeri dan KBRI setempat.

 

4. Q : Saya sudah tinggal lama di Qatar, tetapi mengapa data saya tidak ada dalam Daftar yang dicocokan oleh Pantarlih?
A : Data DP4LN bukanlah data Final untuk daftar Pemilih dalam pemilu 2019. Jika seorang belum terdaftar maka Pantarlih berkewajiban untuk memasukkan nama dan identitas yang bersangkutan kedalam form A.A LN-KPU.


5. Q : Jika nama dan identitas saya dimasukkan dalam form A.A LN-KPU berarti saya adalah pemilih baru?
A : Walaupun seseorang terdaftar di dalam Daftar Pemilih Baru, tidak ada bedanya dengan WNI yang lain, karena semua akan dimasukkan dalam Daftar Pemilih Sementara Luar Negeri (DPSLN) dan selanjutnya akan dimutakhirkan lagi menjadi Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN).

 

6. Q : Data saya yang diberikan oleh Pantarlih sebagian besar salah, mengapa bisa demikian?
A : PPLN menerima Data dari KPU demikian adanya, walaupun ada perbedaaan maka disanalah fungsinya kegiatan Coklit ini dilakukan.

 

7. Q : Saya belum dihubungi oleh Pantarlih Pemilu 2019, apa yang harus saya lakukan?
A : Pantarlih sedang dan akan terus bekerja untuk memutakhirkan data Pemilih, jika ada WNI yang pro aktif dengan menghubungi Pantarlih untuk di Coklit, PPLN sangat menghargainya. Jumlah data yang harus di Coklit oleh 27 orang Pantarlih adalah lebih dari 20 ribu data.

 

8. Q : Ketika saya check di http://www.pplnqatar.org/coklit/ nama saya tidak ditemukan apa yang harus saya lakukan?
A : Ikuti petunjuk yang diberikan dalam halaman diatas, maka Pantarlih akan melakukan pemutakhiran data anda sebagai Pemilih.


9. Q : Pantarlih telah melakulan pemutakhiran data saya beberapa hari yang lalu, mengapa statusnya masih belum dicoklit?
A : Pemutakhiran data pemilih yang sudah dicoklit masih terus dilakukan, data di halaman http://www.pplnqatar.org/coklit/ akan terus di update.

 

10. Q : Mengapa ketika di check di di halaman http://www.pplnqatar.org/coklit/ data saya dan istri/suami saya disuruh menghubungi Pantarlih yang berbeda?
A : Hal terjadi karena data pemilih disusun berdasarkan abjad dan dibagi ke dalam 27 orang Pantarlih. Tidak ada masalah jika anda dan pasangan dicoklit oleh Pantarlih yang sama ataupun berbeda, karena nanti semua data akan disatukan kembali dari semua Pantarlih

 

11. Q : Kapan Proses Coklit akan berakhir?
A : Proses pemutakhiran Data Pemilih melaui coklit akan berakhir pada 16 Mei 2018, setelah itu akan ada proses penyususan Daftar Pemilih Sementara Luar Negeri (DPSLN) dan waktu untuk meminta masukan dari masyarakat dan pemilih.

 

12. Q : Bagaimana batasan umur pemilih yang mempunyai hak pilih?
A : WNI yang mempunyai hak pilih adalah yang telah berusia minimal 17 Tahun pada tanggal 17 April 2019.


13. Q : Kapan Pemilu 2019 dilaksanakan di Qatar?
A : PPLN Qatar memutuskan untuk melaksanakan Pemungutan Suara pada tanggal 12 April 2019, hal ini dimungkinkan karena Undang Undang Pemilu memungkinkan untuk melaksanakan Pemungutan Suara Lebih awal dari Pemungutan Suara di dalam Negeri.

 

14. Q : Ketika saya sudah di’Coklit’ oleh Pantarlih, saya diberikan form A.A.1-LN. Apakah form ini harus disimpan?
A : Duplikat Form A.A.1-LN yang diberikan kepada Pemilih adalah bukti bahwa yang bersangkutan sudah di’Coklit’. Sebagai pemilih, form ini perlu disimpan untuk proses Pemilu selanjutnya. Akan lebih baik lagi kalau anda berinisiatif menyimpan dalam bentuk ‘soft copy’.

 

15. Q : Saya masih punya banyak pertanyaan tentang Pemilu, dimana saya bisa mendapatkan jawabannya?
A : PPLN Doha akan membantu anda, melaui hotline di bawah ini, atau anda juga bisa berkoordinasi untuk meminta PPLN memberikan sosialisasi Pemilu kepada Komunitas Anda.

 

Info lebih lanjut hubungi PPLN Doha 

WhatsApp / Mobile : 3353 2342 
Website : www.pplndoha.org 
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Social Media 
Facebook : PPLN KBRI Doha 
Twitter : @pplndoha 
Istagram : @pplndoha

Hubungi kami:

PPLN Doha (Qatar)

 2, Al Maahed St, Doha. Qatar

WhatsApp / Mobile : 3353 2342 
Email : info@pplndoha.org

Facebook : PPLN Doha 
Twitter : @pplndoha 
Istagram : @pplndoha

Social Media Channel